Home » » [Seri 2] Tanam Padi Sistem Jajar Legowo

[Seri 2] Tanam Padi Sistem Jajar Legowo


Tujuan cara tanam padi jajar legowo adalah :

  1. Memanfaatkan sinar matahari bagi tanaman yang berada pada bagian pinggir barisan. Semakin banyak sinar matahari yang mengenai tanaman, maka proses fotosintesis oleh daun tanaman akan semakin tinggi sehingga akan mendapatkan bobot buah yang lebih berat.
  2. Mengurangi kemungkinan serangan hama, terutama tikus. Pada lahan yang relatif terbuka, hama tikus kurang suka tinggal di dalamnya.
  3. Menekan serangan penyakit. Pada lahan yang relatif terbuka, kelembaban akan semakin berkurang, sehingga serangan penyakit juga akan berkurang.
  4. Mempermudah perawatan/ pelaksanaan pemupukan dan pengendalian hama/ penyakit. Posisi orang yang melaksanakan pemupukan dan pengendalian hama / penyakit bisa bebas bergerak/ lebih leluasa pada barisan kosong di antara 2 barisan legowo.Menambah populasi tanaman. Misal pada legowo 2 : 1, populasi tanaman akan bertambah sekitar 30 %. Bertambahnya populasi tanaman akan memberikan harapan peningkatan produktivitas hasil.

Terlepas dari semua itu Jajar Legowo lebih menguntungkan di banding teknik konvensional dan bertujuan memberikan ruang bagi tanaman agar bebas untuk mendapatkan sinar matahari yang berperan penting dalam proses fotosintesis dan bebas bergerak bagi petani dalam melakukan perawatan seperti pemupukan, membersihkan gulma maupun pengendalian hama.
Update:
Tujuan tanam padi sistem jajar legowo 
Persiapan Lahan Untuk Tanam Jajar Legowo

0 komentar:

Posting Komentar